Cara mendapatkan screenshots aplikasi dari App Store dengan Shortcuts

Ketika menulis daftar rekomendasi aplikasi iPhone dan iPad terbaik di 2018 yang saya gunakan, ada satu proses yang cukup menyita waktu, yaitu mengambil gambar atau screenshot aplikasi. Saya memiliki dua opsi, mengambil gambar dari aplikasi yang udah terinstall atau dari laman web iTunes. Kedua opsi tersebut sama-sama harus dikerjakan secara manual.

Kalau mengambil opsi pertama, saya harus buka aplikasi satu-persatu. Ambil bagian yang ingin ditampilkan, screenshot, gabungkan tiga screenshots lalu upload ke CMS. Opsi kedua, meski lebih sederhana namun tetap akan memakan waktu yang tidak sedikit. Saya perlu mengunjungi halaman web aplikasi, screenshots lalu upload ke CMS

Hidup di zaman serba praktis seperti sekarang, pastinya ada hal yang bisa dibuat otomatis. Saya pun bergegas membuka aplikasi Shortcuts untuk menyusun solusi atas permasalahan yang saya hadapi.

Hasilnya adalah sebuah shortcut dengan urutan actions seperti di bawah ini.

Cara mendapatkan screenshots aplikasi dari App Store dengan Shortcuts

Ketika dijalankan, shortcut akan menampilkan pop-up kotak yang perlu diisi dengan nama aplikasi yang akan dicari. Selanjutnya, blok Search App Store akan mencari aplikasi dan menampilkannya dalam bentuk list.

Kamu bisa pilih aplikasi yang dimaksud dari daftar hasil pencarian.

Selanjutnya, actions Get Details of App Store App akan mencari semua screenshots URL yang ada. Get Contents of URL akan mengunduh gambar dari URL dan menampilkannya dalam bentuk preview.

Kamu bisa memilih beberapa screenshot aplikasi, rekomendasi saya antara 2-3 buah screenshots. Combine Images akan menggabungkan screenshots dan kamu bisa melihat hasilnya dengan Quick Look.

Bagian terakhir dari shortcut bisa kamu kustomisasi. Misalnya kalau kamu pengguna WordPress, kamu bisa mengganti action Share dengan Post To WordPress. Saya menggunakan action Share karena perlu memindahkan gambar yang sudah jadi ke Mac via AirDrop dan mengoptimalkannya terlebih dahulu sebelum diupload ke CMS.

Kalau Shortcutnya dijalankan, hasilnya seperti ini:

The shortcut might not be for everyone to use, but if you write about iOS or macOS apps, this will come in handy

Kamu bisa download shortcutnya di sini: Get App Store Screenshots

Tulisan menarik lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *