Cara menggunakan DNSCrypt di Mac

Aturan blokir website oleh Kemkominfo memang bikin ribet sebagian orang. Alasannya karena website yang sebenarnya bisa digunakan untuk mencari informasi seperti Reddit atau memajang portofolio layaknya Vimeo atau Tumblr malah ikutan terblokir. Untuk menyiasatinya, pengguna bisa menggunakan aplikasi/ layanan VPN. Salah satu aplikasi VPN gratis yang bisa kamu gunakan adalah Opera VPN di iPhone dan iPad.

Selain menggunakan VPN, ada satu cara lagi untuk mengakses website yang terblokir yaitu dengan menggunakan DNSCrypt. DNSCrypt bisa diinstall di hampir semua sistem operasi. Kali ini saya akan membahas penggunaannya di komputer Mac.

Apa itu DNS?

Setiap kali kita membuka halaman internet, URL yang ada di browser akan diterjemahkan ke alamat IP server. DNSlah yang melakukan penerjemahan tersebut, ibarat buku telepon raksasa yang berisi daftar URL dan alamat IP server.

Dalam kondisi normal, DNS resolver akan mengembalikan alamat IP server website yang kita akses. Namun karena peraturan pemerintah soal pemblokiran website, ISP kini menggunakan proxy DNS transparan. Fungsinya adalah untuk mencegah kita mengakses daftar website yang dilarang dan mengarahkan ke halaman Internet Positif ataupun Mercusuar, dsb. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan DNSCrypt.

Apa itu DNSCrypt?

DNSCrypt adalah sebuah teknologi yang mampu mengenkripsi DNS request. Sama halnya dengan HTTP dan HTTPS. DNSCrypt akan mengenkripsi semua permintaan dari client (Mac, PC) dengan DNS resolver.

Cara menggunakan DNSCrypt di Mac

Untuk menggunakan DNSCrypt di Mac, caranya:

  1. Pertama-tama, download aplikasi DNSCrypt atau kalau kamu memiliki Homebrew terinstall, bisa memasangnya melalui aplikasi Terminal. Ketik brew cask install dnscrypt
  2. Selanjutnya buka file .dmg hasil unduhan lalu klik pada DNSCrypt.pkg untuk menginstallnya
  3. Ikuti langkah instalasi dan restart komputer Mac ketika prosesnya selesai
  4. Untuk mengaktifkan DNSCrypt, bisa dilakukan dari Menu Bar. Tekan ikon DNSCrypt dan pilih Enable DNSCrypt
  5. DNSCrypt menyediakan banyak sekali pilihan DNSResolver. Kamu bisa memilihnya dari System Preferences > DNSCrypt.
  6. Untuk memastikan permintaan DNS kamu tidak bocor menggunakan DNS ISP, kamu bisa melakuan test di dnsleaktest.com

Cara menggunakan DNSCrypt di Mac Cara menggunakan DNSCrypt di Mac Cara menggunakan DNSCrypt di Mac Cara menggunakan DNSCrypt di Mac Cara menggunakan DNSCrypt di Mac Cara menggunakan DNSCrypt di Mac

Menggunakan DNSCrypt bukan berarti privasi kamu aman. DNSCrypt hanya berguna untuk mengenkripsi DNS request ke DNS resolver agar tidak bisa dipintas oleh proxy DNS transparan milik ISP.

Selamat mencoba!

Gambar header: dnscyrpt.info

Tulisan menarik lainnya

2 thoughts on “ Cara menggunakan DNSCrypt di Mac ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *