10 Aplikasi Mac dengan dukungan Dark Mode

Meski hanya sekedar perubahan tampilan, dark mode di macOS Mojave sangatlah membantu ketika bekerja di malam hari. Mata jadi tidak mudah lelah karena cahaya menyilaukan dari layar MacBook. Untuk memperluas penggunaan dark mode, Apple merilis API yang bisa digunakan oleh para developer aplikasi.

Di bawah ini ada daftar 10 aplikasi Mac yang sudah mendukung tampilan mode gelap. Apa saja?

10 Aplikasi Mac dengan dukungan Dark Mode

1. OmniFocus

10 Aplikasi Mac dengan dukungan Dark Mode

OmniFocus adalah aplikasi untuk membuat daftar pekerjaan yang tersedia di iPhone, iPad, Mac dan juga Web. Aplikasi yang sekarang sudah memasuki versi ketiga ini sudah memiliki tampilan dark mode dengan paduan ikon tombol berwarna cerah.

Versi ketiga dari OmniFocus membawa sejumlah perubahan dan peningkatan. Contexts yang sebelumnya ada kini berganti Tags. Forecast View di OmniFocus 3 juga menampilkan agenda kegiatan yang tersimpan di kalendar. Repeating tasks lebih mudah dibuat dan lebih fleksibel daripada versi sebelumnya, dan masih banyak lagi.

2. Ulysses

Ulysses dark mode

Aplikasi ini adalah andalan saya untuk menulis blog. Ulysses merupakan text editor minimalis dengan dukungan syntax Markdown. Selain memiliki tampilan mode gelap, kamu juga bisa mengkostumisasi tampilan, warna tulisan dengan tema yang disediakan oleh Ulysses.

Salah satu alasan kenapa saya pakai Ulysses untuk ngeblog adalah kemudahannya dalam upload tulisan langsung ke WordPress. Selain integrasi dengan CMS WordPress, Ulysses juga bisa digunakan untuk upload tulisan ke Medium.

3. Transmit

Transmit dark mode

Untuk mengakses file pada server saya menggunakan aplikasi FTP dan Transmit adalah pilihan terbaik untuk komputer Mac. Selain dukungan dark mode dan membantu untuk mengakses file di server dengan mudah, Transmit juga memiliki integrasi dengan layanan cloud lain seperti Microsoft Azure, Dropbox, Google Drive, Blackblaze, dll.

Transmit for Mac bisa didapatkan dengan dua cara. Membayar lisensi lifetime sebesar $45 melalui websitenya atau berlangganan lewat Mac App Store dengan biaya $24.99 selama setahun. Kamu pilih yang mana?

4. Things 310 Aplikasi Mac dengan dukungan Dark Mode

Selain OmniFocus 3, Things 3 for Mac juga memiliki tampilan mode gelap. Secara tampilan, Things 3 terasa lebih lega dan minimalis dibandingkan OmniFocus. Meski demikian, aplikasi ini menyimpan fitur yang bisa membuat kamu produktif.

Tidak paham apa itu GTD dan bagaimana cara menggunakan Things? Tenang, di awal penggunaan ada satu project yang berfungsi sebagai tutorial kok.

Things adalah salah satu aplikasi baik di Mac atau iPhone dan iPad yang memiliki pengalaman menggunakan sangat menyenangkan.

5. Spark

Bosan dengan aplikasi email bawaan di Mac? Ada Spark yang bisa kamu gunakan. Spark bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis. Pastikan kamu sudah update ke versi 2.0.14 atau yang lebih baru untuk bisa menikmati tampilan dark mode.

Spark memiliki sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi email bawaan di Mac. Beberapa diantaranya adalah kolaborasi dalam menyusun email dengan fitur bernama Teams, integrasi dengan cloud storage, Smart Inbox, Quick Replies dan masih banyak lagi.

6. 1Password

10 Aplikasi Mac dengan dukungan Dark Mode

Hidup di era digital seperti sekarang, penting untuk memiliki perlindungan yang kuat untuk semua aktivitas digital. Salah satunya adalah password yang tidak mudah ditebak. Untuk itu saya menggunakan 1Password. Layanan dan aplikasi yang bermanfaat untuk menyimpan password dan catatan penting lain.

1Password mendukung verifikasi 2 langkah dengan OTP, sinkronisasi catatan dan password ke semua perangkat dan mempermudah login ke website dengan browser extensions.

7. Bear

Bear dark mode

Aplikasi untuk menyimpan catatan Bear juga sudah mendukung tampilan Dark Mode. Bahkan ada beberapa tema tampilan gelap yang bisa kamu pilih di pengaturannya.

Terdapat tags untuk mengorganisir catatan yang memiliki topik serupa. Yang terpenting, sinkronisasi melalui iCloud yang ekstra cepat dan membuat catatan tersedia di semua perangkat yang saya gunakan.

8. BusyCal

BusyCal Dark mode

Untuk mencatat agenda kegiatan di Mac, saya mempercayakannya pada BusyCal. Aplikasi ini memiliki tampilan dark mode serta fitur kustomisasi lain yang sangat fleksibel. Busycal mendukung akun kalendar beragam layanan seperti Google, iCloud, Office 365, Yahoo, dan Fast Mail.

Untuk membuat catatan di Busycal pun sangatlah mudah karena terdapat fitur natural language parsing. Kamu cukup mengetik “Lunch with John on 27th December at 10am” dan Busycal akan menyimpannya untukmu.

9. Pixelmator Pro

Pixelmator

Enggan berlangganan Adobe CC Suite untuk menggunakan Photoshop? Mungkin kamu bisa coba Pixelmator Pro. Fiturnya selengkap Photoshop untuk mengolah grafis di Mac. Selain itu Pixelmator Pro juga diklaim memiliki dukungan machine learning dari CoreML untuk hasil edit yang lebih maksimal.

Aplikasi ini menggunakan tampilan mode gelap supaya foto atau konten yang digarap lebih menonjol.

10. PDFPen

PDF Pen

Kalau kamu mencari aplikasi PDF yang lebih lengkap dibandingkan Preview, ada PDFPen. Lewat aplikasi ini kamu bisa menggabungkan beberapa berkas PDF, memberi catatan atau highlight, menambahkan signature, mengekstrak teks dan masih banyak lagi fiturnya.

Oh ya, PDFPen juga bisa menangani berkas PDF yang berukuran besar dengan mudah. Kemarin waktu saya membuka file PDF dengan ukuran sekitar 90MB, PDFPen dapat melakukannya dengan lancar. Sedangkan ketika dibuka lewat Preview malah Not Responding.

Bonus: Microsoft Office

Satu lagi dan mungkin jadi aplikasi essensial adalah Microsoft Office for Mac yang baru saja mendapat dukungan dark mode.

Kalau kamu tim #LightMode atau #DarkMode di macOS Mojave?

Tulisan menarik lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *