Site icon Aditya Daniel

Pantau jumlah data internet di iPhone dengan MiniStats

Pantau jumlah data internet di iPhone dengan MiniStats

Rasanya hampir semua pemilik smartphone berlangganan paket data internet dari provider yang digunakannya. Paket data internet ada yang beragam, mulai dari paket unlimited1 ataupun berdasarkan besaran volume data.

Salah satu kejadian yang paling menyebalkan adalah kadang di beberapa provider tidak menyediakan cara mudah untuk mengecek sisa kuota yang kita miliki. Saya pernah kehabisan paket data internet namun tak mendapat notifikasi apapun. Alhasil pulsa yang ada terkuras habis dan di situlah saya baru sadar paket data internet saya habis.

Aplikasi yang disediakan oleh para provider internet di Indonesia meski dapat berfungsi sebagaimana mestinya namun jauh dari kata cantik. Nah, karena itulah saya menggunakan MiniStats untuk memantau penggunaan kuota internet.

Ministats di iOS tak hanya menampilkan sisa kuota internet yang kamu miliki namun juga detail memori hingga kapasitas ruang penyimpanan yang tersisa di perangkatmu. Apabila kamu sedang terkoneksi dengan wifi maka MiniStats dapat menampilkan berapa banyak data yang diterima dan dikirim.

Pada pengaturannya kamu bisa menambahkan jumlah kuota yang sekarang kamu miliki. Selanjutnya kamu juga bisa memilih masa berlaku paket data, apakah mingguan atau bulanan. Satu hal yang paling penting adalah kamu bisa mengatur kapan MiniStats akan memberikan notifikasi ketika paket data semakin menipis.

MiniStats juga memiliki aplikasi Apple Watch sehingga kamu bisa mengetahui penggunaan paket data internet tanpa harus membuka iPhone. Tentu saja, salah satu kelemahan MiniStats adalah kamu harus menambahkan secara manual jumlah kuota yang baru dibeli dan mengupdate masa berlakunya. Kamu juga tidak bisa membeli paket internet melalui MiniStats2.

MiniStats bisa menjadi aplikasi pengganti bagi kamu yang males install aplikasi milik provider internet. Setidaknya saya sudah mencoba 3 aplikasi milik provider internet dan belum ada yang secantik MiniStats.

Download – MiniStats – Rp 29ribu


  1. Which isn’t really unlimited. Biasanya para provider memberikan Fair Usage Policy dan menurunkan kecepatan internetnya kalau penggunaan paket data internetnya sudah melebihi FUP tersebut. 
  2. Ya Iyalaaaah 
Exit mobile version