Site icon Aditya Daniel

Apa itu IFTTT serta 6 alasan mengapa kamu harus menggunakannya.

Apa itu IFTTT serta 6 alasan mengapa kamu harus menggunakannya.

IFTTT adalah sebuah singkatan dari If This Then That. Sebuah layanan otomasi yang menggabungkan beberapa layanan internet menjadi satu. Layanan IFTTT secara garis besar lebih mudah digambarkan seperti ini, “Jika terjadi A, maka lakukan hal B”. Tidak hanya layanan web, IFTTT juga dapat digunakan untuk mengotomasi peralatan yang terhubung dengan internet seperti termostat atau lampu pintar.

Pada IFTTT, terdapat Applets atau semacam resep yang bisa kamu aktifkan untuk mengotomasi pekerjaan. Kamu bisa menggunakan Applets yang sudah dibuat oleh orang lain atau membuatnya sendiri berdasarkan kebutuhanmu. Jika kamu sudah pernah mendengar tentang IFTTT tetapi belum menggunakannya, berikut 6 alasan sekaligus Applets yang mungkin dapat memberikan gambaran betapa bergunanya IFTTT dalam keseharian.

Sinkronisasi kontak di iOS ke Google Spreadsheet

Meski iOS memiliki mekanisme backup yang baik melalui iTunes atau iCloud namun tak ada salahnya untuk memiliki backup cadangan data kontak1 ke layanan lain seperti Google Spreadsheet. Dengan menggunakan applet IFTT berikut kamu bisa secara otomatis menambahkan kontak yang baru tersimpan di iPhone atau iPad ke Google Spreadsheet. Keuntungan lain dari menyimpan data kontak ke Google Spreadsheet adalah kamu juga dapat dengan mudah mengelompokkan dan mengorganisirnya apabila diperlukan.

Menyimpan tautan dari tweet yang di-Like ke Pocket

Beberapa orang gemar menandai Like pada sebuah tweet dengan tautan sebagai sarana bookmark, termasuk saya. Namun terkadang mencari kembali tautan yang ingin dibaca bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Solusinya, sila gunakan applet IFTTT yang satu ini untuk menyimpan tautan yang ada pada tweet ke Pocket. Lebih rapi, mudah dicari dan diorganisir tentunya.

Membagikan postingan blog terbaru ke Facebook Page

Mengelola blog beserta sosial medianya memang bukan pekerjaan yang mudah. Namun dengan IFTTT, kamu dapat menghemat waktu dengan menggunakan applets yang tersedia. Salah satunya adalah applet berikut untuk membagikan postingan blog baru ke laman Facebook. Shameless plug: Silakan like Facebook Page UNAPPOLOGETIC di sini yah! Selain membagikan postingan ke Facebook Page, kamu juga bisa membagikannya ke Twitter dengan applet yang satu ini.

Notifikasi ramalan cuaca ketika hujan akan turun

Kamu bisa mengatur IFTTT untuk mengirimkan informasi perkiraan cuaca yang akan terjadi. Misalnya, applet berikut yang dapat mengirimkan notifikasi kepadamu untuk membawa payung atau jas hujan apabila perkiraan cuaca meramalkan hujan akan turun. Selalu sedia payung sebelum hujan, bukan?

Simpan attachment Gmail akun ke Dropbox

Mungkin ini adalah applet terlama yang pernah saya gunakan di IFTTT. Saya tak pernah lagi khawatir menghapus email dengan attachment karena IFTTT sudah secara otomatis menyimpankannya ke akun Dropbox saya. Appletnya bisa ditemukan di sini.

Membagikan foto terbaru di Instagram ke Twitter, Pinterest, Tumblr, dan Facebook sekaligus

Ingin follower Instagram bertambah? Sila gunakan applet yang satu ini untuk membagikan foto terbaru di Instagram ke Twitter, Pinterest, Tumblr dan Facebook Pages secara sekaligus.

Layanan IFTTT dapat menghemat waktu dengan integrasi antar layanan web

Belum menggunakan IFTTT? Sekarang mungkin saat yang tepat untuk mulai menggunakannya karena IFTTT dapat menghemat waktu yang kamu miliki. Selain applet yang saya bagikan di atas, kamu juga dapat mencari applet yang dibutuhkan dari laman koleksi di IFTTT. Ada pertanyaan atau rekomendasi applet favorit? Langsung isi di kolom komentar ya!


  1. There’s no such thing as too many backups, right? 
Exit mobile version